Kelebihan & Kekurangan Xiaomi Unlock Bootloader (UBL)

Diposting pada

Hallo sob, sebelumnya sudah pernah saya bahas mengenaik cara cek xiaomi sudah ubl atau belum di artikel sebelumya, pada postingan kali ini saya akan mengulas apa sih kelebihan dan kekurangan xiaomi unlock bootloader dan apa saja bahayanya ??

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Unlock Bootloader
Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Unlock Bootloader

Cukup menarik ya sebagai pemula pengguna xiaomi mestinya kalian tau kelebihan dan kekurangannya sebelum mengeksekusi hp xiaomi kalian menjadi UBL.

Kelebihan & Kekurangan Xiaomi UBL

Mengapa xiaomi kalian harus UBL ?? apakah penting UBL itu ?? Apakah UBL bisa dihilangkan ?? Oke kita bahas satu persatu.

Menurut saya pribadi xiaomi yang baru dibeli tidak harus di UBL apabila hanya dipakai pemakaian normal, dalam artian kalian hanya ingin memanfaatkan fitur yang sudah ada dan sudah puas dengan fitur MIUI.

UBL menjadi penting ketika temen-temen pengen menambahkan fitur lain yang tidak bisa terpasang kecuali hp sudah root, sebagai contoh kecilnya mau pasang Gcam di hp xiaomi. Nah, kalau temen-temen menginkan hal ini maka mau tidak mau smartphone xiaomi harus di UBL supaya prosesnya berjalan lancar, karena itu syarat wajib sebelum root xiaomi.

Apakah UBL bisa dijadikan NON UBL ?? Sampai sekarang saya belum menemukan jawabannya yang pas, jadi nanti saya testing baru saya lengkapi artikel ini hehehehe.

Kelebihan Xiaomi sudah UBL

  • Bisa modifikasi OS yang terpasang, seperti ganti ROM dan lain sebagainya
  • Bisa melakukan akses ROOt di hp kalian tentunya
  • Bisa merubah sistem maupun kernel yang ada
  • Bisa memasang theme MIUI yang sudah di custom
  • Bisa memasang TWRP/ Recover MOD
  • Bisa edit system UI, dll

Kekurangan Xiaomi Sudah UBL

  • Keamanan smartphone xiaomi menjadi berkurang
  • Bootlop jika gagal saat melakukan pergantian OS

Nah sampai disini sudah cukup jelas bukan mengapa kita harus unlock bootloader xiaomi ?? Yaps, dengan unlock bootloader kalian lebih leluasa dalam memodifikasi sistem android xiaomi, meskipun keamanan jadi sedikit berkurang. Bootloader xiaomi sendiri hanya berfungsi untuk mengamankan ROMnya supaya tidak dibajak, jadi untuk keamanan lainnya masih tetap aman.

Selain itu, dengan unlock bootloader kalian lebih enak ketika ingin pindah ROM dan tidak perlu melakukan test poin saat xiaomi bootlop. Ingat !! Bootlop bukan brick.

Kesimpulan

Perlukah unlock bootloader di hp xiaomi ?? Semua ada ditangan kalian sob. Sesuaikan kebutuhan saja, apabila tanpa dioprek sudah mantap performanya maka tidak perlulah repot-repot UBL. Tapi seperti yang sudah saya singgung diawal jika ingin lebih maka wajib kalian UBL hp xiaominya.

Lest, sekian dulu postingan kali ini. Jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat dan tambahkan jika menemukan fakta lainnya.

Tombol share ada dibawah ini.